MARI BERKARYA UNTUK BANGSA dan NEGARA TERCINTA . . . . I N D O N E S I A --------- JANGAN LUPA TENTUKAN PILIHAN ANDA, 9 APRIL 2014 JANGAN SAMPAI SALAH PILIH ------- GOLPUT BUKAN SOLUSI

Sabtu, 22 Mei 2010

UBAH PCD

     

Mau ganti velk racing dengan ukuran besar (18" keatas),  tapi PCD  ( Pitch Circle Diameter) tidak sesuai dengan mobil kita, biasa dilakukan dengan cara rubah PCD atau bubut PCD. Yaitu mengubah jarak antar baut roda pada teromol atau Nap roda.Baik baut 4 PCD 100 menjadi baut 4 PCD 110 ataupun baut 4 menjadi baut 5,dsb. 

Hal ini sah-sah saja dilakukan, selama kualitas pengerjaan dan tingkat kepresisiannya terjaga. Dan untuk mendapatkan itu harus dilakukan oleh tukang bubut yang sudah berpengalaman mengerjakannya.


 Namun ada hal yang perlu diperhatikan sebelum merubah PCD, diantaranya adalah:

* Ubah yang logis. Maksudnya, jangan melebihi diameter maksimum piringan teromol. Misal PCD 4x100 bisa diubah ke PCD 5x114,3 atau 5x112 dan tidak bisa 5x120 lantaran diameter teromol tak mencukupi.

* Gunakan Center ring atau lebih dikenal dengan Ring Nok. Tujuannya, mencegah getaran yang mungkin ditimbulkan velg karena center hole velk tidak pas dengan center hole hub roda.

* Velg kaleng. Hindari pakai rim jenis ini karena permukaan pada hub tidak rata. Sehingga beban yang diterima hub roda jadi tidak seragam. Ini akan merusak baut hasil ubahan. Sebaiknya tambah spacer yang ada centre borenya.

Kalau Anda tidak mau membubut teromol, ada solusi lain, yakni pakai adaptor. Keunggulannya, mudah dibongkar pasang sehingga PCD tetap standart. Hanya kelemahannya, roda menjadi lebih keluar dari Body mobil, karena ketebalan adaptor minimal adalah 2,5cm dan lebih riskan dibanding membubut teromol atau nap roda.

Penyebabnya, kekuatan adaptor terletak di baut standar mobil, kemudian pada adaptor ditanam baut lagi sesuai dengan lubang PCD baru. Akibatnya, kerja baut standar menjadi lebih berat. Disarangkan, jika pakai adaptor , mobil tidak dibesut sangat kencang.

3 komentar:

  1. Paling aman ya standart bos

    BalasHapus
  2. ho-oh...idem karo kang derek

    BalasHapus
  3. harga NissanGrand Livina 2014`2 April 2014 12.23

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Nissan Grand Livina 2014

    BalasHapus